Ed

TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOGSPOT SAYA INI ..................3DdY

Kamis, 26 September 2013

Kerja

KEWAJIBAN dan LARANGAN TEMPAT KERJA 
Berlaku Secara Umum 

Bekerja adalah aktivitas rutin sehari-hari yang harus dilakukan oleh seseorang untuk bisa mendapatkan uang maupun barang agar bisa menafkahi dirinya sendiri, keluarganya, dan orang lain yang menjadi tanggungannya.
Dengan bekerja maka dimungkinkan seseorang untuk bisa memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya, seperti kebutuhan primer, kebutuhan sekunder dan kebutuhan tersier.
Pada umumnya bekerja adalah kegiatan yang dilakukan oleh laki-laki dewasa sebagai pelaksanaan kewajibannya sebagai seorang Kepala Keluarga.
Sebagai seorang pegawai/karyawan yang baik, kita tidak boleh seenaknya melakukan hal apa saja yang kita inginkan. Ada berbagai aturan mengikat yang harus kita pahami dan jalankan sebaik mungkin. Kegagalan menjalankan aturan kantor baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis bisa membawa dampak buruk yang merugikan kita.
Berbagai hukuman dari mulai yang ringan sampai yang berat siap dijatuhkan kepada siapa saja yang melanggar tata tertib/peraturan kantor.
Kita harus menghindar dari berbagai bentuk pelanggaran peraturan demi kebaikan diri kita sendiri dan keluarga kita.
Berikut ini adalah beberapa aturan main / peraturan dasar di kantor tempat kita bekerja, baik berupa sesuatu yang harus dilakukan maupun sesuatu yang tidak boleh dilakukan oleh seorang pegawai/karyawan :
A. Hal-Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan di Tempat Kerja
1. Membolos / alpa tanpa keterangan yang dapat diterima
2. Datang terlambat tanpa alasan yang dapat diterima
3. Tidak memakai seragam atau pakaian yang telah ditentukan
4. Datang ke Tempat Kerja dengan penampilan yang tidak rapi, lusuh, kumal, dll
5. Pulang lebih dulu sebelum jam kerja selesai
6. Membawa pulang barang-barang milik Kantor yang tidak boleh dibawa
7. Membuat kegaduhan selama bekerja
8. Tidur saat jam bekerja.
9. Meninggalkan kantor tanpa seizin atasan
10. Berkelahi dengan orang lain
11. Mengganggu pegawai lain yang sedang bekerja
12. Melawan perintah atasan (kecuali atasan salah)
13. Tidak mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik
14. Tidur di kantor pada malam hari tanpa seizin atasan
15. Mengkonsumsi miras, narkoba dan perusak kesadaran lainnya
16. Buang sampah sembarangan tidak pada tempatnya
-----
B. Hal-Hal Yang Wajib Dilakukan di Tempat Kerja
1. Menghormati dan menghargai semua orang yang ada di kantor
2. Datang tepat waktu dan pulang tepat waktu juga
3. Menjaga ketertiban dan keamanan di kantor
4. Merawat barang-barang milik kantor
5. Menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik dan tepat waktu
6. Menghormati budaya atau kebiasaan yang berlaku di kantor
7. Menjaga hubungan baik dengan orang-orang kantor
8. Mentaati dan mematuhi peraturan tertulis yang berlaku
9. Selalu siap sedia membantu atasan dan teman sekantor
10. Bersikap ramah dan bersahabat dengan siapa saja
11. Melaporkan kepada atasan bila terjadi hal yang tidak terduga
12. Menghemat penggunaan listrik dan air bersih selama bekerja
13. Bertanya kepada yang mengerti jika ada pertanyaan tentang pekerjaan
14. Merapikan tempat kerja agar tidak berantakan
15. Menjaga kerapian dan kebersihan penampilan
16. Menjadi orang yang jujur dan dapat dipercaya


Sekian dulu +/-  mohon maaf, terima kasih.