Ed

TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOGSPOT SAYA INI ..................3DdY

Rabu, 26 November 2014

BIMTEK AKUNTANSI AKRUAL


Sebagai tindak lanjut teknis dari Peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2010 tentang Standar Akuntansi pemerintahan, tanggal 3 Desember 2013 Menteri Dalam Negeri menerapkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 64 tahun 2013.
Permendagri nomor 64 tahun 2013 ini tentang Penerapan Standar Akuntansi pemerintah Berbasis Akrual Pada Pemerintah Daerah (Pemda) yang mencakup Kebijakan Akuntansi Pemda, Sintem Akuntansi Pemda dan Bagan Akun Standar.

 Agar hal tersebut berjalan secara efektif sebagaimana dimaksudkan dalam Permendagri tersebut, maka Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi para Penyusun Laporan Keuangan SKPD dan SKPKD di lingkungan Pemko Banjarmasin.

Bimtek selama empat hari, tanggal 18-21 Nopember ini dibuka secara resmi Wakil Walikota Banjarmasin HM Irwan Anshari, Selasa (18/11) di Aula Kayuh Baimbai Balai Kota jalan RE Martadinata.

“Standar Akuntansi berbasis Akrual ini merupakan hal yang banyak diterapkan oleh negara-negara maju sebagai Best Practices, sehingga diharapkan memberikan manfaat yang lebih besar bagi pemerintah dan seluruh pemangku kepentingan” kata Irwan.
Peserta bimtek ini mendapat paparan dan pengarahan dari Irwan Taufiq Ritonga PhD Akt dan Ehrmann Suhartono SE Msi Akt CA dari Magister Ekonomika Pembangunan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.