Ed

TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOGSPOT SAYA INI ..................3DdY

Rabu, 26 November 2014

TIMBANGAN ODONG-ODONG

Ibu ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin Hj. Fathul Jannah Muhidin menyerahkan bantuan timbangan dacin untuk menarik balita bertimbang ke Posyandu. Timbangan dacin yang diserahkan secara simbolis kepada 3 (tiga) kelurahan yaitu kelayan luar, pemurus dalam, dan pekapuran pada Perayaan Puncak HKN ke-50.
Timbangan dacin yang diberikan bukanlah timbangan klasik yang selama ini dikenal yaitu dacin yang digantungi  bersama dengan kain sarung yang dibuat seperti ayunan. Timbangan yang diserahkan adalah timbangan yang sudah dimodifikasi dengan menjadi sebuah timbangan unik berbentuk mobil-mobilan dan binatang sesuai dengan kegemaran anak-anak.


Salah satu kesepakatan yang dihasilkan adalah bahwa pihak kelurahan beserta jajarannya mendukung pembuatan timbangan posyandu model baru yang dinamakan timbangan odong-odong. Tetap dengan mengedepankan unsur validitas data, keamanan dan kenyamanan bagi balita.
Sebagai apresiasi dari inovasi timbangan odong-odong yang dicetuskan oleh Bidan Kelurahan Puskesmas Sungai Bilu dan dikoordinasikan melalui Musyawarah Masyarakat Kelurahan (MMK), pada tanggal 05 Maret 2014 yang lalu dilakukan Lounching Timbangan Odong-odong berbarengan dengan kegiatan Posyandu Nusa Indah I dan VII di halaman Kelurahan Sungai Bilu.

Tujuan dari inovasi ini adalah meningkatkan jumlah kunjungan ibu-ibu untuk menimbang balitanya sehingga berat badan balita selalu terpantau setiap bulannya. Out put yang diharapkan adalah target program kesehatan dapat tercapai secara optimal. Dengan adanya inovasi ini, diharapkan pula dapat melahirkan inovasi-inovasi baru lainnya sebagai upaya peningkatan pelayanan kesehatan yang lebih baik.