Ed

TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOGSPOT SAYA INI ..................3DdY

Rabu, 03 Desember 2014

SEMINAR KAWIN USIA DINI


Dewasa ini sering kali terjadi perkawinan pada usia dini. Ini mungkin karena sebagian warga kurang menyadari dampak negatifnya baik dari segi sosial, kesehatan reproduksi maupun psikologis.
Hal ini melatarbelakangi Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Banjarmasin untuk mengadakan seminar dengan mengangkat tema Kawin Usia Dini : Tinjauan Islam dan Hukum Positif di Aula Kayuh Baimbai Balai Kota Banjarmasin jalan RE Martadinata, Selasa (2/12).
“Agar hasilnya lebih konprehensif diperlukan tinjauan dari berbagai aspek; dari segi ajaran Islam dan hukum positif, dampaknya bagi kesehatan reproduksi dan bagi pembinaan keluarga bahagia sejahtera” ujar Ketua MUI Kota Banjarmasin H Murjani Sani.

Seminar ini di buka Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin H Zulfadli Gazali dengan narasumber Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Banjarmasin H Ahmadi H Syukran Nafis, Kepala BKBPMP Kota Achmad Noor Djaya serta Dr Delis dari Dinas Kesehatan Kota.
“Undang-undang Perkawinan menentukan batas usia untuk kawin bagi pria 19 tahun dan bagi wanita 16 tahun. Pembatasan ini hakikatnya mencegah perkawinan di bawah umur (dini) dan menunjang keberhasilan program nasional Keluarga Berencana” kata Zulfadli saat menyampaikan sambutan.
Dengan seminar ini diharapkan peserta selanjutnya akan bisa mensosialisasikan dampak kawin usia dini kepada masyarakat sekitarnya sehingga diharapkan bisa mengurangi terjadinya perkawinan pada usia dini ini di kota Banjarmasin.