Ed

TERIMA KASIH TELAH MENGUNJUNGI BLOGSPOT SAYA INI ..................3DdY

Jumat, 03 April 2015

DRAFF PROFIL KELURAHAN SEHAT




A.  LATAR BELAKANG
Kelurahan Pekapuran Laut merupakan salah satu wilayah pemerintahan yang berada di Kecamatan Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin. Sebagai salah satu wilayah pemerintahan maka, Kelurahan Pekapuran Laut juga menjalankan tata pemerintahan diantaranya melaksanakan fungsi-fungsi manajemen.
Fungsi manajemen memuat tentang perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Hasil dari sebuah pengawasan merupakan akhir dari proses yang kemudian menjadi input atau bahan dari perencanaan. Oleh karenanya, fungsi manajemen ini akan berlangsung secara terus menerus dan berkesinambungan.
Hasil dari kegaiatan pengawasan bisa dibuat dalam berbagai bentuk laporan, salah satunya berbentuk penyajian PROFIL KELURAHAN SEHAT PEKAPURAN LAUT  KECAMATAN BANJARMASIN TENGAH, KOTA BANJARMASIN SAMPAI DENGAN TAHUN 2014.

B.  TUJUAN DAN KEGUNAAN
1.   Tujuan
Profil ini disusun dengan tujuan untuk memberikan gambaran mengenai kegiatan-kegiatan tata pemerintahan yang dilaksanakan di Kelurahan Pekapuran Laut dalam kurun waktu 2014.
2.   Kegunaan
Diharapkan, profil ini menjadi acuan dan bahan dasar dalam pengambilan kebijakan yang terkait dengan pelayanan public di Kelurahan Pekapuran Laut.








A.     SEJARAH  KELURAHAN PEKAPURAN LAUT
Kelurahan Pekapuran Laut adalah salah satu Kelurahan yang ada di Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin, yang mana dulunya bernama Kampung Sungai Baru Sejak tahun 1955, dan kantornya beralamat di jalan Pekapuran B. Pada tahun 1980 berubah menjadi Desa Sungai Baru dan pada tahun 1987 dimekarkan menjadi :
a.        Desa Sungai Baru
b.        Desa Pekapuran Laut
c.        Desa Pekapuran Raya
d.        Desa Karang Mekar
Pada tahun 1991 Desa Pekapuran Laut berubah menjadi Kelurahan Pekapuran Laut. Merupakan kelurahan yang berada di daerah perkotaan, yang berjarak ± 4 km dari pusat Pemerintahan Kota Banjarmasin dan dapat ditempuh kurang dari 15 menit dengan kondisi jalan yang baik. Sedangkan untuk Kecamatan Banjarmasin Tengah dengan jarak 4 km dengan waktu tempuh ± 15 menit serta dengan Provinsi berjarak ± 30 km waktu tempuh 1 Jam..
Kelurahan Pekapuran Laut mempunyai luas  ± 22,30 Ha terletak di daerah dataran rendah dengan ketinggian dari permukaan laut  ± 0,16 meter, jadi Kelurahan Pekapuran Laut termasuk daerah pasang surut. Jumlah penduduk Tahun 2012 sebanyak ± 7.732 jiwa yang terdiri dari 3.244 jiwa laki-laki dan 2.488 jiwa perempuan.
Secara geografis Kelurahan Pekapuran Laut berbatasan dengan kelurahan sebagai berikut :
-       Sebelah Utara         : Kelurahan Sungai Baru (Banjarmasin Tengah)
-       Sebelah Timur        : Kelurahan Pekapuran Raya (Banjarmasin Timur)
-       Sebelah Selatan    : Kelurahan Kelayan Luar (Banjarmasin Tengah)
-       Sebelah Barat         : Kelurahan Kertak Baru Ulu (Banjarmasin Tengah)
-        
Sesuai dengan kedudukan dan fungsinya maka Pemerintah Kelurahan Pekapuran Laut berperan sebagai motivator, dinamisator dan fasilitator kegiatan pembangunan disegala bidang di wilayahnya. Dalam pelaksanaan tugas berusaha menjembatani penyampaian aspirasi masyarakat yang timbul dengan terus menciptakan hubungan yang harmonis diseluruh elemen dan sumber daya yang ada antara pemerintah, masyarakat dan sektor swasta agar menjadi satu kesatuan yang utuh, kuat dan berpotensi menjadi penggerak pembangunan yang dinamis berkesinambungan. Disinilah peran pemerintah dalam menumbuhkan rasa memiliki dan mempunyai semangat gotong-royong sehingga menjadi satu aset pembangunan yang selaras dan serasi dengan lingkungannya.
Dalam pelaksanaan pembangunan Pemerintah Kelurahan Pekapuran Laut sangat memperhatikan peran aktif dan swadaya masyarakat, agar masyarakat Kelurahan Pekapuran Laut berangsur-angsur menyadari hak dan kewajibannya sebagai warga yang baik dan taat sehingga bukan hanya sebagai objek tetapi bisa menjadi subjek didalam pembangunan.
Hal ini dapat dilihat dari tingginya partisipasi dan swadaya masyarakat, terpantau dari ketaatan dalam kewajiban membayar PBB, pembangunan / rehab rumah ibadah, pembangunan fasilitas umum seperti posyandu, kelompok informasi masyarakat, pos kamling, dan lain-lain. Meningkatnya organisasi perempuan dan kepemudaan, tingginya kesadaran masyarakat dalam menjaga keamanan dan bergotong-royong menjaga kebersihan lingkungan, meningkatnya permintaan pelayanan dari masyarakat ke kelurahan seperti pembuatan KTP dan Kartu Keluarga serta surat-surat lainya. Hal ini menunjukkan kesadaran masyarakat taat dan patuh  terhadap aturan yang berlaku.








B.     VISI DAN MISI
1.   Visi   :   TERWUJUDNYA KELURAHAN YANG UNGGUL DAN TERATUR SERTA MEMBERIKAN PELAYANAN YANG MUDAH, CEPAT, DAN MURAH.
2.    Misi   :   a. . Pemanfaatan secara optimal potensi Kelurahan dalam menunjang pelayanan di Kelurahan.
b.    Meningkatkan koordinasi dan kerjasama semua pihak yang terkait.
c.    Peningkatan infrastruktur yang menunjang fungsi Kelurahan agar nyaman, tertib dan teratur..
d.    Meningkatkan partisipasi masyarakat.
C.      TUJUAN, SASARAN,  DAN KEBIJAKAN UMUM
1.   Tujuan
a.        Meningkatkan kinerja aparatur Kelurahan dalam upaya menciptakan pemerintahan yang baik (Good Governance).
b.        memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat karena kelurahan merupakan level yang paling bawah dari perpanjangan tangan Pemerintah Kota Banjarmasin dan sebagai ujung tombak.
2.   Sasaran
a.    Meningkatkan kinerja aparatur Kelurahan.
b.    Mewujudkan pelayanan yang mudah dan cepat.
c.    Memantapkan pelaksanaan organisasi baik dengan Camat maupun instansi vertikal di wilayah Kelurahan dalam rangka pelaksaan tugas dan fungsi Kelurahan.






3.        Kebijakan Umum
Dalam rangka mewujudkan Visi dan Misi Kelurahan, maka kebijakan umum yang dilakukan adalah meningkatkan kinerja aparatur Kelurahan menuju terwujudnya Good Governance dan memperkuat koordinasi baik secara Horizontal dan vertical serta bermitra dengan unsur lain yang terkait terutama dalam rangka pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.
D.     TUGAS POKOK DAN FUNGSI
Berdasarkan Keputusan Walikota Banjarmasin Nomor 50 Tahun 2008 tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Kelurahan di Kota Banjarmasin adalah sebagai berikut :
1.         Tugas Pokok
Kelurahan mempunyai tugas pokok melakukan penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dalam rangka penyelenggaraan urusan pemerintahan umum dan urusan pemerintahan daerah di kelurahan.
2.         Fungsi Kelurahan
Kelurahan mempunyai fungsi :
a.       Menyelenggarakan koordinasi terhadap jalannya pemerintahan kelurahan, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan.
b.       Melaksanakan tugas dibidang pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan yang menjadi tanggung jawab.
c.       Melaksanakan usaha dalam rangka peningkatan partisipasi dan swadaya gotong-royong masyarakat.
d.       Melaksanakan kegiatan dalam rangka peningkatan ketentraman dan ketertiban wilayah.
e.       Melaksanakan urusan tata usaha dan rumah tangga kelurahan.
f.        Melaksanakan tugas Pemerintahan Kota dan Pemerintah Kecamatan yang didelegasikan wewenangnya kepada Lurah.

3.    Struktur Kelurahan
    1. Sekretaris Kelurahan
1)    Tugas Pokok Sekretaris adalah Melaksanakan urusan administrasi umum, kepegawaian, keuangan dan memberikan pelayanan teknis administrastif kepada seluruh perangkat kelurahan. 
2)    Fungsi sekretaris
a)    Pelaksanaan urusan surat menyurat, kearsipan dan laporan.
b)    Pelaksanaan administrasi keuangan dan kepegawaian.
c)    Pelaksanaan urusan perlengkapan dan rumah tangga.
d)    Pemberian pelayanan teknis dan administratif kepada seluruh perangkat kelurahan.
e)    Melaksanakan tugas Pemerintahan Kelurahan yang didelegasikan wewenangnya kepada Sekretaris Kelurahan.

b.    Seksi-Seksi Kelurahan
1)    Seksi Pemerintahan
a)    Tugas Pokok Seksi Pemerintahan adalah mengkoordinasikan penyusunan program, melaksanakan pembinaan dan pelaporan dibidang urusan pemerintahan.
b)    Fungsi Seksi Pemerintahan adalah :
ü  Pengumpulan, pengolahan dan evaluasi data dibidang pemerintahan ;
ü  Pengumpulan bahan dalam rangka pembinaan wilayah masayarakat ;
ü  Pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat dibidang pemerintahan ;
ü  Pelaksanaan tugas-tugas pembantu dibidang pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan ;
ü  Pelaksanaan tugas-tugas dibidang administrasi pertanahan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku ;
ü  Pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan pembinaan kerukunan warga ;
ü  Pelaksanaan pelayanan dan pengolahan administrasi kependudukan dan data-data kependudukan ;
ü  Pengumpulan bahan dan menyusun laporan dibidang pemerintahan.



2)    Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum
a)    Tugas Pokok Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum adalah Mengkoordinasikan penyusunan program dan pembinaan dibidang ketentraman dan ketertiban kelurahan.
b)    Fungsi Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum
ü  Pengumpulan, pengolahan dan evaluasi data dibidang ketentraman dan ketertiban ;
ü  Pembinaan ketentraman dan ketertiban masyarakat termasuk pembinaan perlindungan masyarakat ;
ü  Pelayanan masyarakat dibidang ketentraman dan ketertiban masyarakat termasuk penanggulangan bencana alam ;
ü  Pelaksanaan kegiatan dalam rangka meningkatkan swadaya masyarakat untuk menciptakan keamanan swakarsa masyarakat.
3)    Seksi Ekonomi dan Pembangunan
a)    Tugas Pokok Seksi Ekonomi dan Pembangunan adalah mengkoordinasikan penyusunan program dan melaksanakan pembinaan dan pengembangan dibidang ekonomi dan pembangunan.
b)    Fungsi Seksi Ekonomi dan Pembangunan adalah :
ü  Pengumpulan, pengolahan dan evaluasi data dibidang ekonomi dan pembangunan ;
ü  Pelaksanaan kegiatan dalam rangka meningkatkan swadaya dan partisipasi masyarakat dalam rangka meningkatkan perekonomian dan pelaksanaan pembangunan ;
ü  Pemeliharaan prasarana dan sarana fisik aset Pemerintah Kota di lingkungan kelurahan ;
ü  Pelaksanaan administrasi perekonomian dan pembangunan di kelurahan ;
ü  Pembinaan dan penyiapan bahan-bahan dalam rangka pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan;
ü  Pengumpulan bahan dan penyusunan laporan dibidang perekonomian dan pembangunan.


4)    Seksi Kesejahteraan Sosial
a)    Tugas Pokok Seksi Kesejahteraan Sosial adalah mengkoordinasikan penyusunan program dan melaksanakan pembinaan dibidang kesejahteraan sosial.

b)    Fungsi Seksi Kesejahteraan Sosial adalah :
ü  Pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat dibidang kesejahteraan sosial termasuk pengentasan kemiskinan ;
ü  Pelaksanaan pembinaan dalam bidang keagamaan, kesehatan Keluarga Berencana dan pendidikan masyarakat ;
ü  Pengumpulan dan penyaluran dana / bantuan terhadap korban bencana alam dan bencana lainnya ;
ü  Pembinaan terhadap kegiatan PKK, Karang Taruna, Pramuka dan organisasi kemasyarakatan lainnya ;
ü  Pembinaan kegiatan pengumpulan zakat, infak dan shadaqah ;
ü  Pelaksanaan pengumpulan dan Palang Merah Indonesia (PMI) ;
ü  Pengumpulan bahan dan penyusunan laporan dibidang kesejahteraan sosial.












A.     PROGRAM JANGKA PANJANG
Program jangka panjang Kelurahan Pekapuran Laut Kecamatan Banjarmasin Tengah mengacu dan menyesuaikan dari program-program Pemerintah Kota Banjarmasin.
B.     PROGRAM JANGKA MENENGAH
Adapun program kerja jangka menengah Kelurahan Pekapuran Laut, yaitu :
a.    Meningkatkan pembinaan kemasyarakatan dan pembangunan melalui penyuluhan-penyuluhan bersama-sama dengan Dewan Kelurahan Pekapuran Laut dibidang :
a.       Perekonomian ;
b.       Pendidikan dan Keterampilan ;
c.       Keagamaan ;
d.       Kesehatan dan Penata Lingkungan ;
e.       Keamanan dan Ketertiban.
b.   Melaksanakan koordinasi dengan instansi-instansi terkait dalam menunjang program-program pembangunan di Kelurahan Pekapuran Laut.
C.     PROGRAM JANGKA PENDEK
Adapun program kerja jangka menengah Kelurahan Pekapuran Laut, yaitu :
a.    Pembenahan administrasi kantor Kelurahan Pekapuran Laut.
b.    Meningkatkan usaha-usaha dalam pelayanan untuk membentuk pelayanan prima dengan cara memahami akan tugas dan fungsi masing-masing aparat kelurahan.
c.    Mengadakan sosialisasi kepada RT / RW yang berada di lingkungan Kelurahan Pekapuran Laut Kecamatan Banjarmasin Tengah terhadap program kerja Pemerintah Kota Banjarmasin pada umumnya.

II.           DATA POTENSI KELURAHAN PEKAPURAN LAUT
A.     BIDANG PEMERINTAHAN DAN KEPENDUDUKAN
1.         Luas Wilayah Kelurahan Pekapuran Laut
No.
U r a i a n
Luas ( Ha )
K e t
1.
2.
3.
Pekarangan / pemukiman
Fasilitas Umum
Lain – lain
    0,49  Ha
    0,02  Ha
    0,13  Ha
-
J  u  m  l  a  h
   0,64  Ha
-

2.         Orbitasi Waktu Tempuh Kelurahan Pekapuran Laut
No.
Orbitasi dan Jarak Tempuh
K e t
  1.
2.
3.
4.

5.
6.
7.
Jarak ke Ibu Kota Kecamatan
Jarak ke Ibu Kota Kab / Kota
Jarak ke Ibu Kota Provinsi
Waktu tempuh ke Ibu Kota Kecamatan
Waktu tempuh ke Ibu Kota Kab / Kota
Waktu tempuh ke Ibu Kota Provinsi
Waktu tempuh ke Pusat Fasilitas terdekat
(Ekonomi, Kesehatan, Pemerintah)
    4,00  Km
    4,00  Km
    30,00  Km
       15  Menit
       15  Menit
       1    Jam
     10  Menit
5  Menit














3.         Data Aparat Pemerintahan Kelurahan Pekapuran Laut
Sesuai dengan Peraturan Daerah Kota Banjarmasin Nomor 08 Tahun 2000 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Daerah, Sekretariat DPRD, Dinas Badan, Kecamatan, dan Kelurahan se-Kota Banjarmasin. Adapun Struktur Organisasi Kelurahan Pekapuran Laut sebagai berikut :




No
Nama / NIP
Jabatan
Pangkat/
Gol Ruang
K e t
1.

Lurah
Penata Tk.I
( III/d )
-
2.

Sekretaris
Penata Tk.I
( III/d )
-
3.

Kasi
Pemerintahan
Penata
( III/c )
-
4.

Kasi
Ekobang
Penata
( III/c )
-
5.

Kasi
Trantib
Penata Muda Tk.I
( III/b )
-
6.

Pelaksana
Pengatur
(IIc)










4.        Kepengurusan Dewan Kelurahan
Berdasarkan Surat Keputusan. Camat Banjarmasin Tengah a.n.Walikota Banjarmasin Nomor 03 Tahun 2008 tanggal 02 Mei 2008, adapun Struktur Organisasi Dewan Kelurahan Pekapuran Laut sebagai berikut :
No.
N a m a
Jabatan
Keterangan
1.
Abdullah
Ketua
-
2.
Syahran
Wakil Ketua
Merangkap Anggota
3.
Lailatul Kadariah
Sekretaris
4.
Siti Fatimah
Bendahara
5.
H. Martin
Ketua
Bidang Pemerintahan
6.
Markani
Anggota
7.
Nurahman, SH
Ketua
Bidang Pembangunan
8.
Kaspul Anwar
Anggota
9.
Siti Zahrah
Ketua
Bidang Kemasyarakatan
10.
Abdullah
Anggota

      Kepengurusan Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT)
Adapun data Rukun Warga (RW) Dan Rukun Tetangga (RT) Kelurahan Pekapuran Laut sebagai berikut :
R W
R T
N a m a
A l a m a t
001

Fahruraji
Jl. P.Antasari Gg.S

001
002
003
004
005
006
007
008
009
010
Rusli Bakrie
M. Ali Al Habsyi
H. Djuhrani
H. Akhmad Gajali
Suriansyah
Kaspul Anwar
Abdul Gani
Sanusi Anwar
M. Markani
H. Mawardi
Jl. Pegadaian
Jl. Pekapuran B
Jl. Kolonel Sugiono
Jl. Kol. Sugiono Gg. ABC
Jl. Kol.Sugiono Gg. Hikmah
Jl. Pek.B Gg. Keluarga
Jl. Pek.B Gg.Makmur
Jl. Pek.B Gg.Sriwijaya
Jl. P.Antsr Gg.2 Suka Damai
Jl. P.Antsr Gg.2 Suka Damai
002

Raddadi
Jl. Pek.B Gg. Rahmat RT. 13

011
012
013
014
015
016
017
018
019
020
Fakih Usman
H. Johansyah, S.Pd
Taufikkurahman
Irham
Rusmansyah
Lukmanul Hakim
Hairun Najmi
H.Syafi’i
Hairani
H.Suhaimi
Jl. Pek.B Gg.Cempaka Putih
Jl. Pek.B Gg. Hamparaya
Jl. Pek.B Gg.VI Simp Penghulu
Jl. P.Antsr Gg.VI Simp Penghulu
Jl. Pek.B Gg. Nangka
Jl. Pek.B Gg.Rahmat
Jl. P.Antsr Gg.Hasanudin
Jl. P.Antsr Gg.Hasanudin
Jl. Pekapuran B
Jl. P.Antsr Gg.Sari Abulung





B.         BIDANG KESEJAHTERAAN DAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT
1.         Data Jumlah Sarana dan Prasarana Jalan
No.
Uraian
Jalan Lingkungan
Tahun 2013
Tahun 2014
Panjang
(m)
Lebar
(m)
Baik /
Rusak
Panjang
(m)
Lebar
(m)
Baik /
Rusak
1.
Jalan Aspal
1000
5
Baik
-
-
-
2.
Jalan Beton
3495
2
Baik
-
-
-
3.
Jalan Tanah
-
-
-
-
-
-
4.
Jalan Batu
-
-
-
-
-
-
5.
Jalan Besi
-
-
-
-
-
-
6.
Jembatan Besi
-
-
-
-
-
-
7.
Jembatan Kayu
-
-
-
-
-
-

2.         Data Kelembagaan Ekonomi
No.
U r a i a n
Tahun
Ket
2013
2014
1.
Koperasi
2
2

2.
Industri Makanan
3
3

3.
Industri Kerajinan
1
1

4.
Warung Makan
42
86

5.
Kios / Kelontong
32
54

6.
Bengkel
17
35

7.
Swalayan / Mini Market1
1
8

8.
Percetakan Sablon
2
6

9.
Pasar
1
1

10.
Konveksi
12
28

11.
Pengecer BBM
9
22

12.
Pangkalan Minyak Tanah
2
2

13.
Agen Rokok
3
2

14.
Salon
7
7

15.
Meubel
17
17

16.
Travel
3
3

17.
Penjualan Telepon Selular
19
21

18.
Optikal
1
1

19.
Pencucian Mobil / Motor
4
7

20.
Toko
66
53

22.
Warnet dan Game Center
4
8



C.     BIDANG PEMBANGUNAN
No.
Bidang / Kegiatan
Volume
Tempat/Letak Kegiatan
1.
Fisik Prasarana :
a.   Pemasangan batako halaman kantor
b.   Pembuatan pagar kantor
c.   Pembuatan pintu pagar
d.   Pembuatan taman / kebun

- m2
  - m2
- m2

Kantor Kel. Pekapuran Laut

Kantor Kel. Pekapuran Laut
Kantor Kel. Pekapuran Laut
Kantor Kel. Pekapuran Laut
2.
Sosial – Budaya :
a.   Gotong-royong
b.   Bantuan rehabilitasi mushalla

24 Kali
  - Unit

Semua RT
Kantor Kel. Pekapuran Laut

1.         Data Penanganan Gizi Buruk dan Kurang Gizi
No.
Uraian
Tahun
K e t
2013
2014
1.
Gizi Buruk
1
0

2.
Kurang Gizi
1
0


2.         Data Sarana Kesehatan
No.
Uraian
Jumlah
K e t
1.
Puskesmas
1
RT 16
2.
Rumah Praktek Dokter
3
-
3.
Posyandu
7
-
4.
Rumah Sakit Bersalin
1
-
5.
Bidan
1
RT 2

3.         Data Tenaga Medis
No.
Uraian
Jumlah
1.
Dokter Umum
3 orang
2.
Dokter Gigi
3 orang
3.
Paramedis
3 orang
4.
Bidan
8 orang
5.
Perawat
3 orang
6.
Dukun Pengobatan Alternatif
3 Orang
7.
Dokter Praktek
3 orang
8.
Laboratorium Kesehatan
1 orang

4.         Data Apotik
No.
Nama Apotik
A l a m a t
K e t
1.
Apotik Talita
Jl. Kolonel Sugiono RT. 03

2.
Apotik Duta
Jl. Kolonel Sugiono RT. 03


D.     BIDANG KEAGAMAAN DAN KEMASYARAKATAN
1.         Data Sarana Tempat Ibadah
No.
N a m a
Alamat
1.

2.
3.
4.
5.
6.
7.
Mesjid Hasbunallah
Wani’mal Wakil
Mesjid Sirajul Munir
Langgar Hidayah
Langgar Baburahmah
Langgar Suka Damai
Langgar Miftahul Jannah
Langgar At Taqwa
Jl. P. Antasari Gg. Hasanuddin RT.17

Jl. Pekapuran B RT. 11
Jl. Kolonel Sugiono RT.13
Jl. Pek B Gg.Makmur RT.07
Jl. P.Antsr Gg. 2 Suka Damai RT.10
Jl. P. Antasari Gg. VI Simp Penghulu RT.13
Jl. Pekapuran B RT.19

2.         Data Nama-nama Tokoh Agama
No.
N  a  m  a
A g a m a
Alamat
1.
2.
3.
4.
5.
K.H. Ridha Ansyari
H. Rusdiansyah
M. Nafarin
H. M. Saleh
H. Saubari Abbas
Islam
Islam
Islam
Islam
Islam
RT.19
RT. 09
RT. 20
RT. 08
RT.17


4.    Data Nama-nama Tokoh Masyarakat
No.
N a m a
Alamat
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
H. Bahtiar
H. Iderus
Busra
Samidri
Drs. H. Sarkawi
H. Murjani
Abd. Muis HAR
RT. 09
RT. 09
RT. 10
RT.10
RT. 11
RT. 06
RT. 12


E. Data Organisasi Kesenian dan Keagamaan
No.
Jenis Organisasi
Pimpinan
Alamat
1.

2.

3.

4.
Wajil’am

Majelis Ta’lim Annisa

Habsyi Suka Damai

Habsyi At Taqwa
KH. Ridha Ansyari

Hj. Banjarmas

Fahrurazi

Junaidi
Jl. Pekapuran B RT.19

Jl. Pekapuran B RT.15

Jl. P.Antasari Gg.2 Suka    Damai
Jl. Pekapuran B RT. 19

  1. Data Pelayanan Kesejahteraan Masyarakat
No.
Uraian
Tahun
K e t
2013
2014
1.
Penerima Beras raskin
134
134







.

580
-

2
Penyandang Cacat
10
10


E.     BIDANG KEAMANAN DAN KETERTIBAN
1.         Data Gangguan Keamanan dan Ketertiban
No.
Jenis Kasus Kejadian
Tahun
K e t

2013
2014

1.
Pembunuhan
-
-

2.
Pencurian
-
-

3.
Perampokan
-
-

4.
Perjudian
-
-

5.
Narkoba
-
-

6.
Perkelahian
-
-

7.
Pemerasan
-
-

8.
Penganiayaan Berat
-
-

9.
Kenakalan Remaja
-
-

10.
Miras
-
-

11.
Curanmor
-
-

12.
Bunuh diri
-
-

13.
Penipuan / Penggelapan
-
-

14.
Ancaman dengan Sajam
-
-

15.
Kebakaran
-
-

16.
Lakalantas
-
-

17.
Prostitusi
-
-

18.
Penculikan
-
-

19.
Kejahatan Seksual
-
-

J u m l a h
-
-


2.         Data Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT)
No.
Jenis Kasus Kejadian
Tahun
K e t
2013
2014
1.
Kekerasan terhadap isteri
-
-

2.
Kekerasan terhadap suami
-
-

3.
Kekerasan terhadap anak
-
-

4.
Kekerasan terhadap anggota keluarga lainnya
-
-

J u m l a h
-
-




3.         Data Kejadian Sara
No.
Jenis Kasus Kejadian
Tahun
K e t
2013
2014
1.
Konflik antar etnis
-
-
-
2.
Konflik antar agama
-
-
-
3.
Konflik antar kelompok
-
-
-
4.
Konflik antar pelajar
-
-
-
J u m l a h
-
-
-

4.         Data Lembaga Kemasyarakatan
No.
N a m a
Jenis Lembaga
Alamat
Jumlah
1.
Dewan Kelurahan
Kemasyarakatan
Kel. Pek B Laut
1
2.
Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM)
Kemasyarakatan
Kel. Pek B Laut
1
3.
Tim Penggerak PKK Kel. Pekapuran Laut
Organisasi Perempuan
Kel. Pek B Laut
1
4.
Rukun Warga (RW)
Kemasyarakatan
Kel. Pek B Laut
2
5.
Rukun Tetangga (RT)
Kemasyarakatan
Kel. Pek B Laut
20
6.
Forum Kemitraan Perpolisian Masyarakat (FKPM)
Kemasyarakatan
Kel. Pek B Laut
1
7.
Rukun Kematian
Kemasyarakatan
Kel. Pek B Laut
5
8.
Kelompok Yasinan
Kemasyarakatan
Kel. Pek B Laut
10
9.
PKK RT
Organisasi Perempuan
Kel. Pek B Laut
7
10.
Karang Taruna
Organisasi Kepemudaan
-
-
11.
B P K
Kemasyarakatan
Kel. Pek B Laut
10
12.
Dasa Wisma
Organisasi Perempuan
Kel. Pek B Laut
10
13.
Posyandu
Kemasyarakatan
Kel. Pek B Laut
7
14.
Poskesdes
Kemasyarakatan
RT 7
1
15.
Aparat Kelurahan (Hansip)
Kemasyarakatan
RT 19
10


5.         Data Pos Polisi dan Pos Kamling
No.
Alamat
K e t
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
Jl. Kolonel Sugiono  RT. 05
Jl. Pegadaian RT. 01
Jl. Kolonel Sugiono RT. 02
Jl. P. Antasari Gg. Hasanudin RT. 17
Jl. P. Antasari Gg. Vi Simp Penghulu
Jl. Pekapuran B Laut RT. 14
Jl. Pekapuran B RT. 02
Jl. Pekapuran B Laut RT. 07
Jl. P. Antasari Gg. 2 Suka Damai RT.09
Jl. Pekapuran B Gg. Hamparaya RT.12
Pos Polisi
Pos Kamling
Pos Kamling
Pos Kamling
Pos Kamling
Pos Kamling
Pos Kamling
Pos Kamling
Pos kamling
Pos kamling

6.         Data Jumlah Barisan Pemadam Kebakaran
No.
Nama Unit BPK
Alamat
Ketua
K e t
1.
Borneo Fire
Jl. Pegadaian RT.02
Mahdiyani
Aktif
2.
Ira Nugraha Ton 5
Jl. Kol. Sugiono RT.02
Saprun
Aktif
3.
Remhas
Jl. P. Antasari Gg.Hasanudin RT.17
Pahruji
Aktif
4.
Antasari Ton 1
Jl. P. Antasari Gg.VI
Siti Fatimah
Aktif
5.
Antasari Ton 3
Jl. Pek. B Laut RT.13
Husain
Aktif
6.
HPP
Jl. Pekapuran Laut
Muhlis
Aktif
7.
Rapela
Jl. Pek. B RT. 02
M. Habsyi
Aktif
8.
678
Jl. Pek. B RT. 07
M. Husni
Aktif
9.
Suka Damai
Jl. P. Antasari Gg.2 Suka Damai
M. Markani
Aktif
10.
Hamparaya
Jl. Pek B Gg.Hamparaya          RT. 12
Suraji
Aktif







A.  KESIMPULAN
Dari  kegiatan yang dilaksanakan dan data-data yang menggambarkan kondisi pemerintahan dan masyarakat di Kelurahan Pekapuran Laut dapat diambil beberapa kesimpulan yaitu :
1.    Tata Pemerintahan di Kelurahan Pekapuran Laut berjalan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku yakni terlihat dari ketersediaan struktur organisasi dari Lurah sampai dengan seksi-seksi yang membidangi kegiatan pelayanan public.
2.    Tiap-tiap struktur berfungsi sebagaimana mestinya yang tergambar dari data-data dari setiap bidangnya.
3.    Dukungan masyarakat yang begitu besar sehingga beberapa tugas Kelurahan Pekapuran Laut secara administrative maupun fisik bisa terlaksana dengan baik.